Syuro Indonesia : Jawa Timur, Madiun.
Bayan Maghrib
Asskm Wr Wb,
Setiap kerja ada Modalnya, dan Modal dari usaha agama ini adalah keyakinan yang shahih, yaitu :
- Keyakinan yang shahih kepada Allah Swt
- Keyakinan yang shahih kepada Rasullullah Saw
- Keyakinan yang shahih kepada Kitabullah
- Keyakinan yang shahih kepada adanya para Malaikat
- Keyakinan yang shahih kepada Negeri Akherat yang abadi
- Keyakinan yang shahih kepada Keputusan Allah ( Qadha dan Qadhar )
Rasullullah Saw memegang janggutnya, lalu berkata :
“Aku beriman dengan Taqdir Allah atau ketentuan Allah, baik ketentuan
 yang baik dan yang buruk, baik ketentuan yang manis maupun yang pahit. 
Semuanya adalah dari Allah Swt.”
Seluruh para Nabi dan Rasul, yang ditugaskan untuk usahakan agama, 
maka semuanya dibekali dengan keyakinan. Nabi Musa AS diutus untuk 
dakwah ke Mesir oleh Allah Swt, mendapati medan yang begitu berat yaitu 
menghadapi penguasa lalim Fir’aun Laknatullah Alaih. Firaun saat itu 
adalah seseorang yang mempunyai kekuasaan, mempunyai kerajaan, mempunyai
 tahta, mempunyai tentara, mempunyai harta, dan segala macam asbab. 
Sementara Nabi Musa AS diutus Allah Swt untuk buat usaha atas agama di 
mesir tidak dimodali asbab apapun. Nabi Musa AS dalam menghadapi Firaun 
hanya membawa baju yang terpakai dan tongkat saja. Bajunya juga baju 
yang lama, yang dia pakai sehari-hari, dan tongkatnya juga yang lama, 
yang dipakai untuk mengembala kambing dan untuk bersandar. Jadi tidak 
ada hal-hal baru secara meteri atau dzohir dari diri Nabi Musa AS, yang 
baru hanya keyakinan dalam hati saja. Allah Swt telah tanamkan keyakinan
 dalam diri Musa AS, keyakinan akan Qudratullah :
“Innani annalloha la illaha illa ana, fa’budni, wa akimisholata lidzikri”
Artinya : “Sesungguhnya aku ini adalah Allah, tidak ada tuhan yang patut disembah selain Aku…”
Maksudnya apa :
- Tidak ada yang perlu ditakuti dengan sebenar-benarnya selain Allah Swt
- Tidak ada yang patut dicintai dengan sebenar-benarnya selain Allah Swt
- Tidak ada yang perlu diagungkan dengan sebenar-benarnya selain Allah Swt
- Tidak ada yang perlu di tunduki dengan sebenar-benarnya selain Allah Swt.
- Tidak ada yang perlu diharapkan dengan sebenar-benarnya selain Allah Swt.
Inilah pembakalan yang diberikan kepada Musa AS oleh Allah Swt yaitu 
mengenal Allah Swt. Setelah mengenal Allah Swt, maka berikutnya Musa AS 
diberikan jalan untuk berhubungan dengan Allah Swt yaitu dengan sholat.
Begitu juga dengan Nabi Saw yang di utus keseluruh alam oleh Allah 
Swt, juga tidak dibekali dengan kebendaan ataupun asbab-asbab dzohir 
apapun. Ketika beliau masih kecil, Allah Swt telah kirim Jibril AS untuk
 membedah dada Nabi SAW, mengambil daripada Hati Nabi SAW untuk dicuci 
dengan air zamzam. Kemudian Jibril AS membawa suatu wadah yang berisikan
 Iman dan Hikmah untuk dimasukkan kedalam hati Nabi Saw. Begitu juga 
ketika Nabi Saw hendak menjadi Nabi, maka kejadian yang sama terulang 
kembali, dada nabi Saw dibedah kembali untuk di ambil hatinya 
dibersihkan kembali dan di isi dengan Iman dan Hikmah. Kejadian ini 
menurut ulama berulang sampai 3 kali :
- Ketika masih kecil / anak-anak
- Ketika remaja menjelang menjadi Nabi
- Ketika hendak Isra’ Mi’raj
Nabi Saw tidak diberikan benda-benda atau materi-materi keduniaan, 
tetapi diberikan Iman dan Hikmah. Kitapun juga seperti itu, bahwa 
keyakinan yang betul terhadap Allah Swt merupakan modal terpenting dalam
 usaha agama ini :
- “Allahu kholiku kulli syai” : Allah pencipta segala sesuatu
- “Allahu al qodir ala kulli syai” : Allah berkuasa atas segala sesuatu
- “Allahu al alim bikulli syai” : Allah yang mengetahui segala sesuatu
Apa yang dikehendaki oleh Allah pasti terjadi, dan apa yang tidak dikehendaki oleh Allah pasti tidak akan terjadi :
“Innama amruhu Idza arroda syai’an an yakullu kun fa yakun” : 
“Jika Allah menghendaki menciptakan sesuatu maka Allah hany berfirman : 
“Kun” maka akan terjadi”
Allah Swt menciptakan yang besar dan yang kecil dengan cara yang 
sama, begitu juga dengan surga dan neraka, dunia dan akherat, hanya 
dengan kata-kata : “Kun” – “Jadilah”, maka langsung terjadi. Perkara 
besar dan perkara kecil disisi Allah sama saja, diciptakan dengan “Kun” 
maka langsung jadi. Di hadapan Allah Swt ini seorang Raja dengan seekor 
nyamuk ini sama saja. Kalau Allah menghendaki bisa saja Raja membunuh 
nyamuk, jika Allah menghendaki bisa saja nyamuk membunuh raja. Semuanya 
menurut Kehendak Allah Swt saja.
“Allahu lima yurid” : “Allah bertindak menurut apa yang dia mau, 
berbuat apa saja yang Allah mau, tanpa ada bantuan apapun dan siapapun.”
Allah Swt :
- Dialah yang meninggikan langit tanpa tiang
- Dialah yang menjalankan Matahari tanpa alat
Semuanya hanya dengan “Kun” Fayakun. Allah Swt tidak perlu bantuan 
apa saja dan siapa saja. Apaq yang dikehendaki Allah akan terjadi, dan 
apa yang tidak dikehendaki Allah tidak mungkin terjadi. Mahluk tidak 
bisa berbuat apa-apa tanpa kehendak Allah Swt termasuk denyut-denyut 
jantung manusia ada dalam genggaman Allah Swt.
“Wama tasya una illa ayasha Allah” : Kamu semua tidak bisa berkehendak kecuali dengan kehendak Allah.
Dialah Allah Swt :
- Al Muhyi yang menghidupkan, Dia lah Allah Swt adalah Al Mumit yang mematikan.
- Ar Rofiq yang meninggikan, Al Khofiq yang merendahkan
- Dialah Allah yang membikin orang tertawa, Dialah Allah yang membikin orang menangis
- Dialah Allah yang membikin orang benci, dan Dialah Allah yang membikin orang cinta
Bagaimana bencinya Firaun kepada Musa AS, Nabi Musa AS belum lahir 
tapi Firaun sudah benci. Saking bencinya kepada Nabi Musa AS, Firaun 
menggerakkan pasukan-pasukan untuk mencari Musa AS yang masih bayi 
sampai membunuh 70.000 bayi setiap tahunnya. Anehnya setelah bayi Musa 
AS ada di depan mata, bukannya dibunuh, tapi mindset Firaun berubah, 
malah memeliharanya. Mendadak pemikiran Firaun ini berubah, programnya 
berubah yang dari ingin membunuhnya, malah Nabi Musa AS diangkat menjadi
 anaknya, dipelihara oleh Firaun. Jadi pada Hakekatnya yang punya 
program hanya Allah Swt.
Allah Swt yang Maha Kuat, mahluk tidak mempunyai kekuatan apa-apa :
- Indonesia tidak kuat, yang kuat itu adalah yang menciptakan Indonesia
- Amerika tidak kuat, yang kuat itu adalah yang menciptakan Amerika
- China itu tidak kaya, yang kaya itu yang menciptakan negeri China
- Jepang itu tidak pandai, yang pandai itu adalah yang menciptakan orang-orang jepang
“La illaha illallah”
Maka yang diharap hanya Allah, kalau kita punya harapan kepada selain
 Allah ini namanya tidak adab kepada Allah Swt. Bukankah Allah itu Maha 
Kaya dan Maha Kuasa, padahal Allah Swt sudah menyuruh kita minta kepada 
Nya,kok mintanya atau berharapnya kepada selain Allah, ini namanya tidak
 punya adab. Bagaiamana seorang anak punya orang tua yang sayang pada 
dia dan kaya raya, tetapi si anak ini malah minta-minta, mengemis, 
kepada tetangganya yang miskin lagi. Maka marahlah si orang tua : “Anak 
kurang ajar (dijewer si anak), kamu ini bukannya minta padaku malah 
minta pada orang lain, bukankah ayahmu ini banyak uang dan sayang 
padamu, kenapa malah minta ke tetangga yang miskin. Bikin malu orang tua
 saja !” Maka orang tua yang mendapatkan anaknya berlaku demikian akan 
marah kepada si anak karena mengemis-ngemis kepada orang lain dibanding 
meminta kepada orang tuanya. Jadi seorang hamba yang meminta kepada 
selain Allah Swt ini merupakan kesalahan yang besar. Tetapi kebanyakan 
manusia tidak menganggap ini suatu kesalahan.
Begitu juga dengan rasa takut kepada selain Allah Swt, ini juga 
merupakan kesalahan yang besar, padahal selain Allah ini tidak bisa 
berbuat apa-apa, tanpa kehendak Allah Swt. Seseorang tahu bahwa dia 
dilihat oleh Allah Swt, di dengar oleh Allah Swt, tapi takutnya malah 
kepada selain Allah, ini namanya tidak punya akhlaq kepada Allah Swt. 
Jadi jangan menggantungkan harapan kepada selain Allah, jangan kita 
takuti selain Allah, berharap dan takut hanya kepada Allah saja, inilah 
sikapnya orang beriman. Malu jika berharap kepada selain Allah, malu 
kalau sampai takut kepada selian Allah. Syaidina Abdullah Ibnu Umar RA 
ketika memegang kepala singa berkata : “Saya malu kalau saya takut 
kepada selain Allah.” Maka kita luruskan keyakinan kita kepada Allah, 
sehingga kita senantiasa dalam setiap keadaan dapat tawajjuh kepada 
Allah Swt. Kerja Dakwah ini sangat berhajat kepada ketawajuhan kita 
terhadap Allah Swt. Semua kerja perlu tawajjuh kepada Allah Swt karena 
kita ini tidak dapat melakukan apa-apa tanpa pertolongan Allah Swt. Da’i
 ini hakekatnya kata masyeikh kita wajahnya menghadap mahluk, tapi 
hatinya hanya menghadap kepada Allah Swt. Da’i ini dzohirnya mengetuk 
pintu-pintu rumah, tapi hakekatnya sedang mengetuk-ngetuk pintu hidayah 
Allah Swt.
Ketika Rasullullah Saw memegang baju umar lalu mengatakan : 
“Wahai umar apakah kamu tidak akan jera-jera untuk berada dalam 
kekufuran sampai datang murka Allah kepada kamu ? Ya Allah berikanlah 
hidayah kepada Umar.” Lalu Umar RA langsung mengucapkan, “Ashadu alla 
illaha illallah wa ash hadu anna Muhammadar rosullullah.”
Setiap orang bertanya ini kiatnya bagaimana agar bisa mengeluarkan 
rombongan-rombongan untuk keluar dijalan Allah. Mudah saja, andaikata 
kita selalu dalam keadaan Tawajjuh kepada Allah Swt, sehingga Allah 
berkenan menyelesaikan masalah kita, maka semua masalah akan selesai. 
Kesulitan apa saja, andaikan kita mau tawajjuh kepada Allah, Tawakkal 
kepada Allah Swt, nanti Allah akan selesaikan masalah kita.
Nabi Musa AS menghadapi masalah di depannya ada lautan, sedangkan di 
belakang ada pasukan Firaun yang siap membantai Nabi Musa AS dan Bani 
Israil. Semua orang ketika itu dalam ketakutan dan berputus asa. Nabi 
Musa AS mengajarkan kepada kita kiat menyelesaikan masalah. Apa itu ? 
yaitu Tawajjuh kepada Allah Swt :
“Innama iyya Robbi sayahdeen” : “Tuhanku bersamaku” dia akan memberi petunjuk kepadaku.
Akhirnya selesai masalah. Begitu pula apa yang di contohkan oleh Nabi
 Ibrahim AS dalam menyelesaikan masalah yaitu ketika menghadapi Namruts 
Laknatullah Alaih dengan pasukan-pasukannya. Bagaimana Nabi Ibrahim 
menyelesaikan masalah yaitu dengan Tawajjuh kepada Allah :
“Hasbunallah” : “Cukup Allah saja sebagai penolongku”
Akhirnya datang penolongan Allah Swt. Begitu juga junjungan kita Nabi
 Saw, ketika menghadapi masalah, dikejar-kejar orang kafir Quraish 
hendak dibunuh, yaitu tawajjuh kepada Allah Swt :
“Innalloha Ma ana” : “Allah bersama kita”
Akhirnya datang pertolongan Allah Swt. Begitu juga para sahabat RA 
dalam menghadapi masalah yaitu dengan Tawajjuh kepada Allah Swt, maka 
semua masalah mereka Allah selesaikan. Jadi untuk menyelesaikan masalah 
yang ada tidak ada jalan selain Tawajjuh kepada Allah, tambah tawakkal, 
tambah takut kepada Allah, dan tambah harap hanya kepada Allah. Inilah 
satu-satunya dalam menyelesaikan masalah.
Kisah :
Seorang ulama ber doa terus berdoa, maka setiap berdoa keluar 
kata-kata, “Doa kamu tidak diterima.” Dia terus berdoa lagi, maka tetap 
keluar kata-kata seperti itu, “Doa kamu tidak diterima.” Walaupun keluar
 kata-kata seperti itu dia tetap terus berdoa. Sangking seringnya keluar
 kata-kata seperti itu, sampai-sampai muridnya bisa mendengarkan suara 
tersebut. Maka suatu ketika pergilah ulama untuk melaksanakan Haji, lalu
 berdoalah dia di depan kabah bersama murid-muridnya. Namun tetap saja 
setiap kali berdoa didepan ka’bah, maka suara itu tetap mengatakan, 
“Do’a kamu tidak diterima.”
Akhirnya si murid nya berkata : “Wahai syekh, setiap kali anda 
berdoa, selalu keluar suara seperti itu, “doa kamu tidak diterima”, tapi
 kenapa syekh tetap terus berdoanya.”
Si ulama tadi berkata : “Kamu tahu sudah berapa lama aku mendengarkan suara seperti itu ?”
si murid bilang : “Tidak tahu.”
Si ulama tadi mengatakan : “Aku sudah mendengarkan suara itu selama 
40 tahun. Setiap saya doa musti keluar suara seperti ini, “Doa kamu 
tidak diterima” ?”
Lalu si murid menanyakan : “Kenapa tetap berdoa kalau keadaannya seperti itu ?”
Si ulama itu mengatakan : “Kalaupun Allah Swt menolak doa saya sejuta
 kali, maka saya akan balik lagi untuk berdoa lagi sejuta kali, habis 
siapa yang bisa mengabulkan doa saya selain Allah Swt. siapa yang bisa 
menolong saya selain Allah ? kalau doa saya ditolak, maka saya akan 
balik lagi berdoa. Ditolak lagi, saya balik lagi berdoa, saya akan 
berbuat terus seperti itu. Ini karena saya mau cari siapa, tidak ada 
lagi tuhan selain Allah. Siapa lagi yang bisa memperkenankan doa saya 
selain Allah ? Ada tuhan mana lagi selain Allah ?”
Setelah targhib yang ulama berikan ini kepada muridnya, tiba-tiba keluar suara tersebut, “Sekarang doa kamu sudah diterima.”
Maka kita tawajjuh terus kepada Allah, doa terus kepada Allah, jangan putus asa. Cerita ini didukung oleh suatu hadits :
“Tidak henti-hentinya seorang hamba itu mengucapkan, “Ya Allah….. Ya Allah….” Akhirnya diterima juga.” ( Mahfum Hadits )
Jadi tidak cukup sekali berdoa itu. Doa lagi, “Maza’ala”, terus do’a 
lagi, “La ya zallu”, tidak henti henti. Sampai akhirnya diterima juga 
doanya oleh Allah Swt. Inilah hakekat usaha kita. Usaha kita ini bukan 
untuk banyak-banyakan orang, tapi bagaimana mempunyai hubungan benar 
dengan Allah.
“Barangsiapa yang mendapatkan Allah maka dia telah mendapatkan 
segala-galanya. Barangsiapa yang telah kehilangan Allah, dia telah 
kehilangan segala-galanya.”
Allahlah penguasa segalanya, pembuat keputusan atas segala sesuatu, 
maka barangsiapa yang mendapatkan Allah, maka dia telah mendapatkan 
segalanya. Inilah pentingnya kenapa kita harus punya hubungan baik 
dengan Allah Swt, karena barangsiapa yang telah kehilangan Allah, 
hakekatnya dia telah kehilangan segala-galanya. Inilah Targhib yang 
diberikan oleh Syeikh Abdul Wahab ketika datang di jakarta 2008 kemarin,
 dari waktu isya sampai makan jam 11 malam, hanya ini intinya 
diulang-ulang oleh beliau. Inilah bekal kerja agama, tawajjuh kepada 
Allah, doa siang dan malam kepada Allah.
Setelah kita Tawajjuh kepada Allah, maka langkah yang kedua adalah 
bagaimana kita menyibukkan diri kita dalam perintah-perintah Allah. Nabi
 Saw katakan dalam hadits qudsi :
“Ma taqoroba ilaiya abdi fi mislih ma tarobtuhu alaih”
“Tidak ada cara untuk mendekatkan diri kepada Allah melebihi amalan-amalan fardhu.” :
- Jaga Sholat Wajib
- Jaga Puasa
- Jaga Zakat
- Jaga Haji bagi yang mampu
Beli rumah 100 juta mampu kok haji tidak mampu ? beli mobil 50 juta 
mampu tapi haji kok tidak mampu ? ini bukan tidak mampu namanya, tapi 
tidak mau. Jadi amalan-amalan fardhu harus dijaga. Bahkan menurut Imam 
Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddeen jilid satu yang termasuk harus di
 jaga adalah Dakwah, karena fardhu ‘Ain.
Pemikiran Imam Ghazali di Kitab Ihya Ulumuddin terhadap Dakwah :
Imam Ghazali katakan zaman ini adalah zaman kebanyakan manusia 
sudah lalai kepada Allah. Ini beliau katakan 500 tahun hijriah, dimana 
wali-wali masih dimana-mana. Maka di zaman ini kalau kita tidak datang 
ke rumah-rumah menemui setiap orang, bagaimana mereka mau ingat kepada 
Allah. Maka hari ini adalah fardhu ‘Ain untuk setiap orang bergerak menemui setiap orang mengingatkan mereka kepada Allah.
Jadi pemikiran tentang Dakwah itu adalah penting ini bukan hanya dari
 satu ulama saja, seperti Syeikh Ilyas Rah.A saja, tetapi juga imam 
Ghazali, bahkan sampai ke Rasullullah SAW sekalipun. Namun alangkah 
sedikitnya manusia yang memperhatikan perkara ini. Padahal tidak ada 
cara untuk mendekatkan diri kepada Allah melebihi daripada mengerjakan 
amal-amal fardhu.
Dan tidak henti-hentinya seorang hamba mengerjakan amal-amal sunnah (
 bukan sekali saja tapi secara terus menerus, dari : Sholat Sunnah, 
Puasa Sunnah, Dzikir harian, bacaan Quran, sodaqoh, secara terus menerus
 ), akhirnya dicintai oleh Allah Swt. Jaman dulu waktu baru pertama kali
 keluar 3 hari maka semangat bahkan diulang-ulang adab tidur, adab 
makan, dan adab masuk mesjid, tetapi sesudah jadi orang lama tidak 
dipraktekkan lagi, tidak di mudzakarohkan lagi, bosan katanya, tidak 
perlu adab tidur lagi dan tidak perlu adab makan lagi. Ini namanya 
pensiun dari mengamalkan sunnah Nabi Saw.
Apabila seseorang sudah dicintai oleh Allah Swt, maka Allah akan 
memberkati matanya, memberkati mulutnya, memberkati tangannya, 
memberkati seluruh kehidupan orang tersebut, seperti para sahabat RA. 
Umar RA ini seorang khalifah seperti kita tangannya hanya dua saja, 
namun dari tangan yang Allah berkati ini mampu mengatur seluruh manusia 
dari ujung ke ujung dunia. Ini namanya Barokah dalam pengaturan dari 
Allah Swt. Bagi umar cukup berteriak dari madinah sambil mengayunkan 
tangannya, pasukannya yang sedang berperang ribuan killometer dari 
madinah mampu mendengar perintah Umar RA. Namun lihat kita hari 
bagaimana keadaan kita begitu jauh dari umar RA, mengatur satu mahalah 
saja tidak becus. Masya Allah, Allahu Akbar.
Inilah keadaan kita hari ini kurang Barokah dari Allah Swt. Kenapa ? 
ini karena kita tidak menjaga daripada amal-amal sunnah kita dengan 
sungguh-sungguh. Kita harus menjaga dengan sungguh-sungguh dari amal 
sunnah yang dzohir dan yang bathin. Amal-amal dzohir seperti sunnah 
makan, sunnah tidur. Sedangkan amal bathin ini seperti sunah-sunnah dari
 akhlaq rasullullah SAW seperti memaafkan orang. Nabi SAW sifatnya itu 
senantiasa memaafkan orang. Orang semakin berbuat jahil kepada Nabi SAW,
 maka Nabi SAW semakin berbuat baik, semakin lembut kepada orang itu. 
Keburukan dibalas dengan kebaikan, ini merupakan sifat Nabi SAW yang 
disebutkan dalam kitab Taurat sebagai Nabi Akhir jaman. Inilah yang 
namanya Akhlaq sunnah memaafkan, sementara kalo kita ini temen berbuat 
salah kita inget-inget terus, sementara kita tidak pernah inget 
kebaikan-kebaikannya. Ini namanya bukan Akhlaq sunnah. Akhlaq sunnah itu
 kita senantiasa melihat kebaikan orang, dan jangan melihat 
keburukannya. Inilah akhir zaman, jangan kita ini menuntut teman kita 
ini berlebih-lebihan, lihatlah kebaikan-kebaikannya. Dengan cara ini 
maka akan timbul kasih sayang satu sama lain dan kesatuan hati, inilah 
asbab terbaik turunnya pertolongan Allah. Umat ini jika sudah tidak satu
 hati, walaupun dipimpin oleh cucu Nabi SAW, namun karena umat dalam 
keadaan tidak rukun, dipimpin oleh oleh sealim-alimnya manusia, ummat 
tidak bisa jalan alias tidak berfungsi alias kacau balau. Seperti mobil 
yang sudah bobrok, walaupun didatangkan supir ahli, seorang pembalap 
kaliber dunia, ini sama aja tidak akan bisa jalan. Jadi kalau mobil 
bobrok, supir jepang yang ahli dengan supir dari jawa, ya sama aja. 
Namun kalau mobil bagus dan baik kondisinya, tidak perlu supir dari 
jepang, supir dari temboro aja bisa jalan mobil tersebut dengan baik. 
Intinya  kita ini jangan suka menyalah-nyalahkan orang, contoh : 
gara-gara si anu kerja ini jadi gak bisa jalan, gara-gara dialah kerja 
ini buntu. Di fikiran orang seperti ini yang ada hanyalah “Saya risau 
dengan dia ini”, kenapa dia tidak risau pada dirinya sendiri dulu (sibuk
 merisaukan orang lain tapi tidak risau sama diri sendiri).
Nabi SAW bersabda :
“Man khola khalaqannas fa huwa ahlaquhum au ahlaqahum” artinya : 
 “Barangsiapa yang mengatakan bahwa manusia sudah rusak, maka dia inilah
 yang paling rusak”.
Menurut Ulama makna dari hadits ini ada 2 :
- Dianya yang rusak
- Dia jadi asbab rusaknya orang lain ( dianya yang merusak orang lain )
Jadi sebagai Da’i itu harus lihat kebaikan-kebaikan orang, akhirnya 
melihat orang itu seneng. Walaupun hanya 1 temen dia akan merasa senang,
 dia syukurin pertemanannya dengan satu orang ini. Akhirnya asbab 
syukurnya ini Allah Swt tambah temannya. Tambah satu teman, disyukurin 
lagi, pandang kebaikannya lagi, disayang lagi, akhirnya Allah Swt tambah
 temannya lagi terus hingga temannya menjadi banyak. Beda dengan jika 
banyak teman tidak disyukurin, dimarahin terus temannya, prasangka buruk
 terus, dilihat keburukannya aja, lama-kelamaan temannya 
meninggalkannya, hingga dia tidak punya teman. Teman ini walaupun dia 
tidak mau ditaskil atau berbeda pandangan dengan kita, minimal dia 
seorang islam ini sudah mencukupi fadhilahnya. Jika kita bertemu 
mengucapkan salam, itupun kita dapat pahala. Kita bersalaman, dosa-dosa 
kita berguguran. Apalagi kalau dia mau diajak keluar di jalan Allah  
maka akan bertambah-tambah lagi fadhilahnya. Inilah Akhlaq Nabi SAW, 
sunnah didalam Akhlaq, yaitu suka memaafkan dan memandang kebaikan orang
 lain. Maka akhirnya dimana-mana bicara kebaikan, sehingga kebaikan 
dimana-mana tersebar.
Syech Abdul Wahab katakan :
“Da’i ini juka sudah mudzakaroh mengenai kelemahan atau aib temannya maka ini akan menyebabkan kerja ini menjadi lemah.”
Maulana Umar Rah.A cerita :
Ada suatu rombongan dari suatu negeri datang ke masyeikh untuk 
membeberkan kekurangan dan kelemahan syuro di negerinya. Setiap orang di
 rincikan masalah dan kekurangan mereka. Sehingga Maulana Umar bertanya,
 “Kenapa nama kamu tidak ditulis disini ? apakah kamu tidak punya 
kelemahan, tidak punya ya ?” jangan kamu lihat kelemahan orang-orang itu
 sehingga kamu tidak akan bisa kerja sama. Akibatnya kerja dakwah ini 
akan terhenti. Lihatlah kebaikan-kebaikan mereka.”
Cerita ulama jaman dulu :
“Dulu ada kisah seorang bernama si fulan. Si fulan ini setiap ketemu 
orang langsung mencium bau busuk dan mencibirnya. Di rumahnya dia ketemu
 istrinya marah dia bilang istrinya ini bau busuk sekali. Ketemu ayahnya
 marah, dia bilang kok bau busuk sekali. Lalu ke mesjid begitu juga, 
ketemu ulama dia bilang ini ulama kok bau busuk sekali. Kemana-mana 
pergi dia marah-marah bilang semua orang busuk. Sehingga akhirnya 
datanglah seorang temannya menasehatinya untuk tidak seperti itu. Lalu 
si fulan katakan, “Ya memang keadaannya seperti itu semua orang bau 
busuk.” Teman nya bilang jangan seperti itu, bau busuk itu dikarenakan 
di hidung kamu itu ada kotoran tai ayam nempel di dalam hidung kamu. 
Terkejut dia mendengarnya dia langsung pulang membersihkan hidungnya. 
Setelah dibersihkan hidungnya, diberi pembersih dan pewangi, sehingga 
kini dia ketemu istrinya kok jadi wangi, begitu juga ketemu ayahnya, 
ketemu ulama di mesjid juga begitu, semua orang jadi wangi. Akhirnya dia
 sadar rupanya selama ini yang bermasalah itu hidungnya.”
Inilah gambaran bagaimana orang jaman dulu memberi nasehat yah 
seperti ini penuh dengan hikmah. Jadi ketika menuduh orang lain buruk 
atau melihat keburukan orang lain, sesungguhnya itu sebenarnya datang 
dari keburukan diri sendiri. Orang baik itu ya ngeliat apa aja ya baik 
saja. Ada laki perempuan sedang berjalan, maka orang baik ini akan 
memandang “Wah ini suami isteri mesra sekali.” Tetapi kalau orang buruk 
dia akan memandang, “Wah ini pasti mau zina mereka”. Jadi kalau orang 
baik itu melihat suatu perkara ya baik aja, sehingga yang datang yang 
baik-baik sama dia. Kita tidak akan bisa buat usaha dakwah kecuali 
dengan melihat kebaikan orang. Kalau ini bisa dilakukan, maka orang 
seperti ini hanya akan melihat kebaikan pada orang atau ummat, sehingga 
dia jatuh cinta pada ummat, sayang kepada ummat, dan mau usaha atas 
ummat. Inilah akhlaq Rasullullah SAW. Walaupun sudah diperlakukan 
sedemikian rupa oleh abu jahal, tapi beliau masih berharap keislamannya.
 Sebagaimana umar ketika masih membenci islam habis-habisan, tapi Nabi 
SAW masih berharap keislamannya Umar RA, “Ya Allah kuatkan islam dengan 
islamnya Umar ibn Khottob”.
Jadi tidak hentinya seseorang itu secara terus menerus mencintai dan 
mengamalkan sunnah Nabi SAW, sehingga dia dicintai Allah Swt. Jika Allah
 Swt sudah mencintai hambanya maka kehidupannya akan diberkati. 
Pembicaraannya, tangannya, matanya, kakinya, perdagangannya, semua 
diberkati oleh Allah Swt. Seorang kalau sudah diberkati oelh Allah 
walaupun usahanya yang kelihatan hanya sedikit tetapi hasilnya bisa 
besar. Seperti Ali RA ketika dia sedang mengumpulkan kabilah Hamadan di 
yaman, beliau hanya bicara 5 menit saja, “Saya di utus oleh Rasullullah 
SAW untuk mengajak kalian semua masuk islam.” Mendengar pembicaraan Ali 
yang sedikit ini langsung satu suku semuanya masuk islam padahal belum 
dijelaskan tentang islam dan aturannya bagaimana. Ini asbab kata-kata 
Sayidina Ali RA ini betul-betul diberkati oleh Allah Swt. Sehingga 
sangking gembiranya sayidina Ali membuat syair, “Seumpama saya ini 
sebagai juru kunci surga, maka nanti orang yaman ini saya masukan surga 
duluan, karena orang yaman ini di taskil sangat gampang.” Jadi amal-amal
 infirodhi kita ini sangat penting sehingga amal ijtimai kita diberkati 
oleh Allah Swt. Sehingga Allah katakan :
- Jika dia berdoa kepadaKu pasti akan Aku berikan
- Jika dia mohon perlindungan kepada Ku pasti akan saya lindungi
Ini jika orang sudah mengerjakan sunnah dijaga secara terus menerus, 
sunnah dalam akhlaq, sunnah dalam ibadat. Para Masyeikh kita 
amalan-amalan sunnah ini dijaga luar biasa. Saya membaca sejarah 
kehidupan Hadratji Innamul Hasan yang ditulis oleh Maulana Syahid di 
pesantren Deoband India. Beliau katakan bahwa syekh Innamul Hasan ini 
sehari membaca Quran ini 15 Juz, maka dalam 2 hari pasti khattam. 
Dzikirnya tiap hari 70.000 lafadz, duduknya 4 jam khusus untuk dzikir 
setiap harinya. Padahal kesibukan beliau dalam dakwah, mengajar, 
khidmat, ini luar biasa sekali tetapi masih sempat untuk istiqomah dalam
 amalan infirodhi. Walaupun dengan kesibukan beliau yang luar biasa, 
namun tetap amal-amal infirodhinya, amalan pribadi, terjaga secara 
istiqomah sehingga kerja-kerja beliau yang secara ijtimai ini diberkati.
 Ini sebetulnya bukan perkara yang aneh, karena Nabi SAW juga seperti 
itu bahkan diberitakan di dalam Al Quran, bagaimana Tahajjudnya Nabi SAW
 separuh malam. Jika Malam itu adalah 12 jam maka tahajjudnya Nabi SAW 
ini minimum 4 jam dan kebanyakan 6 jam. Maka orang-orang yang menjaga 
amalan-amalan seperti inilah yang digunakan Allah untuk kerja-kerja 
besar.
Dalam Suatu Hadits dikatakan :
“Apabila Allah sudah mencintai seseorang, maka Allah akan panggil
 Jibril untuk mengumumkan, “Hai Jibril Aku sudah mencintai si fulan maka
 cintailah dia”. Lalu Jibril akan mengumumkan kepada penduduk langit 
(seluruh malaikat) , “Hai para penduduk langit Allah mengatakan bahwa 
Allah sudah mencintai si fulan maka cintailah dia. Jika penduduk langit 
sudah mencintai dia, maka penduduk bumipun akan mencintai dia.”
Sekarang kita balikkan kenapa orang-orang mahalah ini susah kita 
temuin, jika kita datangin malah terusik dan terganggu. Ini mungkin 
karena penduduk langit belum mencintai kita, kenapa ? mungkin karena 
kita kebanyakan tidur, tidak menjaga dari pada amalan sunnah dan amalan 
infirodhi (pribadi/sendirian) kita. Ini karena penduduk langit tidak ada
 yang tidur, sehingga mereka melihat kita ini bosen, tidur melulu : 
Taklim tidur, Bayan tidur, penanggung jawab lagi, bagaimana ini ?
Jadi manusia ini jika sudah dicintai oleh ahli langit maka dia akan 
dicintai oleh ahli bumi. Kalau orang itu sudah dicintai oleh ahli 
langit, maka mengajak orang kepada kebaikan itu mudah, ditaskil itu 
mudah. Maka bagaimana kita ini senantiasa dalam kerja agama ini arahnya 
itu mempercantik amalan kita di hadapan Allah Swt.
Syekh Maulana Ilyas Rah.A. katakan :
“Yang saya khawatirkan nanti akan terjadi dimana orang itu seperti 
usaha agama, namun disisi Allah tidak sedang usaha agama. Mengapa bisa 
begitu ? ini karena maksud usaha agama ini bagaimana diri kita ini 
sifatnya tambah baik, yakinnya tambah kuat, ketaatannya pada Allah Swt 
meningkat, kecintaannya kepada sunnah semakin bertambah, sholatnya makin
 khusyu, ilmunya semakin bertambah, inilah maksud usaha agama. Tapi hari
 ini orang usaha agama hanya untuk orang lain saja bukan untuk diri 
sendiri. Inilah yang dimaksud kita disisi manusia terlihat seperti usaha
 agama tetapi disisi Allah bukan sedang usaha agama.”
Kargozari Nizamuddin :
Suatu Jemaah pulang ke markaz Nizammuddin lalu buat kargozari 
dihadapan masyeikh. Mereka bilang alhamdullillah kita sudah keluar 4 
bulan, mesjid yang kami datangin ada sekian, mesjid yang meningkat 
amalan maqominya sekian, jemaah yang keluar banyak sekali. Lalu hadratji
 Inamul hasan katakan ini yang kalian kargozari baru sifat yang ke enam,
 yaitu dakwah wa tabligh, tapi bagaimana kargozari lima sifat yang lain ?
 bagaimana peningkatan keyakinan kalian kepada Allah, bagaimana amalan 
sunnah kalian, bagaimana peningkatan qualitas sholat kalian, bagaimana 
peningkatan ilmu dan dzikir kalian, bagaimana khidmat kalian kepada 
sesama saudara kalian, bagaimana taklim kalian, bagaimana akhlaq kalian ?
 kok kargozarinya hanya yang ke enam saja.
Maka hari ini kita usaha agama Hakikatnya hanya satu saja yaitu untuk
 mendekatkan diri kita kepada Allah, untuk mendapatkan Ridho Allah, 
bukan untuk mencari yang lain. Caranya sejauh mana kita bisa menjaga 
daripada sunnah-sunnah Nabi SAW, sejauhmana kita mempunyai sifat-sifat 
yang dicintai Allah Swt, sejauhmana kita bisa taat kepada Allah Swt. 
Ulama katakan jika kita ini sudah memiliki sifat taat ini, setiap 
kerjanya jadi barokah. Seperti Nabi Musa AS kerjanya sederhana saja 
menggiring kambing dengan tongkat, mengambil buah-buahan dengan 
tongkatnya, namun asbab ketaatan jadi barokah, sekali memungkulkan 
tongkat kelautan menyelesaikan seluruh masalah. lautan bisa taat pada 
tongkat Musa, namun hakekatnya adalah tongkat musa ini dipukulkan atas 
dasar perintah Allah Swt. Ini karena Nabi Musa ini kerja berdasarkan 
ketaatan kepada Allah Swt hingga semua kerjanya jadi Baroqah.
Seorang sahabat diperintah Nabi Saw dalam suatu perjalanan, ketika 
itu Nabi SAW sedang mau buang hajat. Nabi SAW perintahkan sahabat ini 
untuk datang kepada pohon, mentaskil pohon, untuk datang kepada Nabi SAW
 sebagai penghalang agar tidak terlihat. Ini ajaib perintahnya, yaitu 
mentaskil pohon, kita mentaskil orang saja susahnya setengah mati, ini 
pohon disuruh taskil. Sahabat ini langsung datang ke pohon tadi, “Hai 
pohon kamu dipanggil oleh Rasullullah Saw.” Namun asbab ketaatan, pohon 
ini langsung datang kepada Nabi SAW, berjalan seakan-akan mempunyai 
kaki. Sampai di Rasullullah SAW, lalu dperintahkan, “Berbarislah kalian 
seperti satir, sebagai penutup.” Maka pohon-pohon tersebut langsung 
berbaris seperti penutup. Setelah buang air, Rasullullah SAW perintahkan
 sahabat untuk memerintahkan pohon tadi kembali ke tempat semula, maka 
pohon-pohon tersebutpun kembali ketempat semula. Kisah ini ditulis oleh 
Iman Suyuthi dalam Kitab Khottho. Inilah kalau seseorang punya sifat 
taat ini jangankan manusia, pohonpun bisa ditaskil. Beda sama orang yang
 suka ngengkel (keras/suka bantah), belum apa-apa sudah merasa 
sok pinter, malah menentang. Di taskil malah, melihat keburukan orang 
lain dan membanggakan diri sendiri. Kalau tidak paham ini jangan serta 
merta menentang, dengar dulu, pelajari dulu, lihat dulu, keluar dulu. 
Jadi kalau paham jangan langsung menentang, nanti seumur hidup tidak 
paham terus. Seperti pohon tadi apa bisa mendengar dia, tapi sahabat 
tadi taat saja, sehingga Allah tampakkan kekuatan dari mengamalkan 
perintah Rasullullah Saw. Ini karena perinath Rasullullah ini adalah 
perintah Allah Swt, Rasullullah ini dibawah bimbingan dan arahan Allah 
Swt, setiap geriknya atas dasar perintah Allah Swt.
Allah yang berkuasa menciptakan apa saja dan Allah berkuasa 
memerintahkan apa saja dan siapa saja. Allah kuasa memerintahkan pohon 
yang tidak bisa mendengar jadi mendengar, Allah kuasa menjadikan manusia
 yang mendengar jadi tuli. Allah berkuasa berbuat apa saja yang Allah 
mau. Inilah fadhilah sifat taat dan sifat sabar. Dikatakan dalam Al 
Quran, orang yang akan dipilih oleh Allah sebagai Imam hidayah adalah 
orang yang memiliki sifat sabar dan sifat yaqin. Yakin tanpa sabar tidak
 akan diterima, begitu juga sabar tapi tidak yakin, tidak akan diterima.
Sabar :
- Sabar dalam ketaatan
- Sabar dalam menghindari yang di larang Allah
- Sabar dalam menghadapi ujian-ujian
Ujian untuk dai ini macam-macam :
- Ujian dari orang Kafir ( paling ringan )
- Ujian dari orang islam
- Ujian dari teman sendiri
- Ujian dari pimpinan (paling berat)
Inilah kata Nabi SAW :
“Nanti akan datang pimpinan-pimpinan yang tidak akan menyenangka 
hati  kalian, sabarlah, nanti aku akan tunggu kamu di telaga Kautsar.”
Orang yang dipimpin oleh seorang pemimpin yang tidak menyenangkan 
tapi sabar, ini nantinya akan ditunggu Nabi Saw di telaga Kautsar. Kalau
 dipimpin sama orang yang menyangkan ini mudah, tapi kalau dipimpin sama
 orang yang tidak menyenangkan ini mujahaddahnya. Maunya dipimpin sama 
orang seperti ini dan begini, akhirnya kecewa tidak dapet pemimpin yang 
seperti itu. “Ya sudah tidak usah ikut dakwah saja.” Begini jadinya 
kalau kecewa. Makanya kita ini harus sabar.
Makanya Syekh Abdul Wahab Assyakroni dalam kitabnya mengatakan :
“Barangsiapa dalam usaha agama dicaci maki orang dia sabar, ikhlas, 
ridho, tidak marah, maka sebentar lagi dia akan diangkat Allah sebagai 
Imam Hidayah.”
Jadi untuk diangkat sebagai Imam Hidayah ini banyak, salah satunya 
jika dicaci maki orang kita harus sabar dan ikhlas. Fikir kita harus, 
memang salah saya ini banyak, lebih banyak dari yang orang katakan itu.
Sayidina Abu Bakar RA pernah dicaci maki lama sekali oleh seseorang 
tapi diam saja. Setelah sekian lama dicaci maki akhirnya orang itu 
terdiam, lalu Abu Bakar RA berkata, “Wahai saudara ku sesungguhnya apa 
yang kamu ketahui itu dari kesalahan saya, itu baru sebagian kecil saja 
kesalahanku, itu saja kamu sudah marah seperti itu, bagaimana jika kamu 
tahu semua kesalahan saya.” Akhirnya yang mencaci maki ini malu, diam, 
berhenti sendiri tidak melanjutkan.
Sayyidina Hasan RA ibnu Ali RA dicaci maki seseorang habis-habisan, 
padahal yang dicaci maki ini adalah cucu Nabi SAW, yang menurut riwayat 
adalah pimpinan ahli sorga, dia diam saja, dan di dengarkan saja cacian 
itu. Setelah letih bicara yang mencaci tadi, lalu ganti Imam Hasan yang 
bicara, “Wahai saudaraku andaikata apa yang kamu bicarakan tadi benar, 
semoga Allah memaafkan saya, dan jika apa yang kamu bicarakan tadi tidak
 benar, semoga Allah memaafkan kamu.” Beginilah cara menyelesaikan 
masalah, mudah saja. Sayyidina Hasan RA ini adalah orang yang tidak 
pernah emosi. Sikapnya Dai harus seperti ini. Bahkan Nabi SAW memuji 
sayyidina hasan ini sebagai pimpinan, Allah akan mempersatukan dengan 
cucu saya golongan-golongan dari orang islam. Inilah Akhlaq, kesabaran. 
Jika dai ini bisa bersikap seperti ini maka :
“Innaloha Maa Sobirin” : Allah bersama orang-orang yang sabar.
Beres sudah seluruh masalah jika Allah bersama kita. Sabar yang 
tertinggi kata Maulana Saad adalah menutup mulut jangan ngomong 
kejelekan teman. Kelihatannya seperti Mudzakaroh ternyata menggunjing 
teman, astaghfirullah. Kalau orang maksiat ditempat maksiat ini sangat 
buruk, tapi kalau orang maksiat bukan ditempat maksiat ditempat ketaatan
 yaitu di mesjid, dalam forum dakwah, bahkan dilakukan setiap hari lagi,
 ini lebih buruk lagi, apa itu ? menggunjing orang di mesjid. Kata Imam 
Ghozali itu menggunjing orang caranya macam-macam, ada yang sudah 
berpengalaman menggunjing orang dengan cara yang halus sekali.
Contoh : “Bagaimana keadaan si fulan” jawabnya, “Doakan saja yah pak dia.”
Ini walaupun kata-katanya baik, tapi orang sudah paham kejelekan atau
 kekurangan orang yang dimaksud. Dia tidak menjelek-jelekkan tapi dengan
 kata-kata orang sudah paham. Kata Imam Ghazali gunjingan yang seperti 
ini lebih berbahaya. Ulama katakan orang yang suka menggunjing 
doa-doanya tidak makbul, karena mulutnya bau disisi allah asbab suka 
menggunjing. Jangan kita suka menggunjing orang, lihatlah kebaikan 
orang, karena kerja kita ini mengurus orang, sehingga setannya banyak 
yang mau menghancurkan amal kita. Setan usaha bagaimana amal-amal yang 
sudah kita kerjakan ini jadi hangus, tidak diterima oleh Allah asbab 
kita menggunjingkan kawan kita. Perasaan kita sudah keluar 4 bulan, satu
 tahun, tapi ini hanya data tim taskyl, ternyata disisi Allah sudah 
hangus semua. Kenapa ? karena suka menggunjing orang. Keluar sudah tahun
 tapi di buku malaikat yang tertulis hanya 3 hari, sisanya hangus, makin
 menggunjing lagi, dibuku malaikat berubah lagi statusnya menjadi belum 
keluar, degradasi lagi, karena apa menggunjing tadi. Seperti orang yang 
menyimpan uang tiap hari, setelah sekian lama, perasaannya sudah seperti
 orang kaya, tapi ternyata setelah tabungannya di buka, uangnya hilang 
semua sudah dimakan rayap, bagaimana perasaannya ? dia akan terkejuk. 
Nah bagaimana dengan kita yang sudah buat usaha agama sekian lama, 
pengorbanan sudah habis-habisan, tapi karena kita doyannya menggunjing 
orang, mengadu domba orang, begitu kita menghadap Allah ternyata 
amal-amal tersebut sudah hangus semua, karena kedzaliman kita sendiri.
Hadits Nabi SAW :
“Tidak akan masuk sorga orang mengadu domba”
Jadi satu perkataan yang dapat membuat orang bercerai berai atau 
berpecah belah dapat membuat seseorang tidak dapat masuk surga. Jadi 
yang harus kita lakukan itu sebaliknya, Nabi Saw katakan walaupun kamu 
bohong tapi untuk mendamaikan atau menyatukan orang ini tidak dosa. 
Jangan sampai kita melakukan perbuatan atau berkata-kata yang dapat 
mengadu domba orang atau memecah belah orang.
Ulama katakan :
- Orang yang memecah orang, dia sendiri akan pecah
- Orang yang merukunkan orang, dia sendiri akan rukun
- Orang yang menghormati orang, dia sendiri nanti Allah gerakkan orang menghormati dia
- Orang yang menghinakan orang dia sendiri nanti Allah gerakkan orang menghina dia
Dalam satu hadits yang diriwayat Hafidz bin yathi mahfum :
“Barangsiapa yang mendengar temannya dijelek-jelekkan lalu dia 
tidak membela, maka nanti Allah akan menggerakkan orang 
menjelek-jelekkan dia dan tidak akan ada yang membela. Lalu Barangsiapa 
yang mendengar temannya dijelek-jelekkan, sedangkan dia membela 
temannya, maka nanti Allah akan datangkan orang yang membela dia ketika 
dia di jelek-jelekkan.”
Nabi SAW mempunyai berjuta-juta kebaikan, ilmunya yang paling tinggi,
 wajahnya yang paling ganteng, suaranya yang paling merdu, phisiknya 
yang paling kuat, tetapi yang dipuji-puji oleh Allah 
Swt dalam Al Quran 
adalah Akhlaqnya Nabi Saw :
“Fainnaka ala kullu khuluqin adzim” : kamu punya budi pekerti yang agung
Seseorang yang mempunyai akhlaq yang baik ini kata Nabi SAW, 
doa-doanya akan makbul. Seorang sahabat dikasih tau oleh Nabi SAW, 
“Maukah kamu aku kasih tau amalan yang jika kamu kerjakan akan 
menyebabkan doa-doamu akan makbul.” Sahabat jawab, “Tentu ya 
Rasullullah”. Nabi Saw jawab, “Perbaikilah Akhlaqmu”. Saad bin abi 
waqash RA datang kepada Rasullullah untuk meminta di doakan oleh Nabi 
Saw agar doa-doanya diterima oleh Allah Swt. Nabi Saw katakan,”Wahai 
Saad makanlah yang baik (maksudnya yang betul-betul halal) maka doa kamu
 nanti akan diterima oleh Allah Swt.” Oleh sebab itu doanya Saad bin Abi
 Waqash RA ini sangat ijabah, langsung cash. Ada seorang buta datang 
kepada saat untuk minta di doakan, sekali tiup mata orang buat itu 
langsung sembuh dan bisa melihat, cash ijabah. Namun aneh Saad bin Abi 
Waqqash ini lama-lama juga buta. Sahabat datang wahai saad kamu ini 
nyembuhin orang-orang buat sehingga bisa melihat, sedangkan kamu sendiri
 jadi buta, kok tidak mau doa kepada Allah agar bisa melihat. Buta ini 
yang bikin Allah, apa yang Allah Swt bikin untuk saya, saya senang semua
 dan saya terima, maka saya tidak akan meminta kepada Allah untuk 
melihat. Beginilah cintanya sahabat kepada Allah Swt, apa yang allah 
sudah tetapkan diterima, ridho atas semua keputusn Allah bukan yang baik
 saja tapi yang buruk juga. Inilah sifat-sifat yang harus kita miliki 
dalam kerja dakwah ini. Nabi Saw diminta dakwah dalam suasana islah diri
 :
“Ya ayyuhal mudatsir kum fa andzir wa rabbaka fakabbir wasiya faka fathohir” 
artinya : “Wahai orang yang berselimut, bangkitlah dan berikanlah peringatan, hanya tuhan engkau yang kamu besarkan,….”
Maksudnya apa ?
- Wahai orang berselimut, bangkitlah, beri peringatan. à ini tertib dakwah, bangkitlah untuk kerja dakwah dimulai dari diri sendiri, jangan menunggu orang.
- hanya tuhanmu lah yang kamu besarkan. à Apa yang kita dakwahkan yaitu keagungan Allah. Jadi kita bicarakan kebesaran Allah dan keagungan Allah. Cerita nusrohtullah , pertolongan Allah. Jangan cerita yang menyebabkan orang putus harap kepada Allah Swt.
Contoh : Bagaimana ya tempat kami ini karkunnya miskin-miskin, tidak 
ada tokoh-tokoh masyarakat. Bagaimana kita mau bentuk jemaah ? sudah 
loyo tambah loyo lagi. Ini harus kita targhib. Kita memang gak punya 
apa-apa, tidak punya uang, tidak punya mobil, tapi kita punya Allah Swt,
 kita punya Rasullullah Saw, kita punya sholat. Sehingga timbul harapan 
kepada Allah Swt
- Wasiya faka fathohir à menurut sebagian ulama ini maksudnya senantiasa memperbaiki diri. Jadi dakwah dalam suasana memperbaiki diri.
Fadhilah Amal ini dibuat oleh seorang ulama besar pada zamannya, 
seorang ahli hadits yaitu Maulana Zakaria Al Khandalawi. Namun hari ini 
lucu banyak sekali orang mengkritik beliau. Padahal beliau ini adalah 
ulama besar yang terlah membuat beratus-ratus kitab dari berbagai macam 
bidang ilmu pada zamannya dan tersebar ke seluruh dunia. Beliau menulis 
kitab nabanya Audhtul Masalik ini ada 20 jilid kitab hadist syarahnya 
muwattho imam malik. Jadi beliau ini seorang pakar hadits, ini ada anak 
TK mau mengkoreksi professor. Jadi pada zaman itu orang bangkitkan 
ulama-ulama khusus ahli hadits ini kebanyakan dari India seperti Maulana
 Jusuf Al Khandalawi Rah. A, Hadratji Innamul Hasan Rah.A. Jadi kitab 
Fadhilah Amal ini secara ilmiah sudah bisa dipertanggung jawabkan, 
inilah rangkuman kitab-kitab hadits para ulama.
Maulana Zuber bercerita dinasehati oleh Maulana Zakaria Rah.A :
“Wahai zuber syarat orang agar bisa berhasil dalam usaha dakwah ini 
adalah Tawadhu, merasa dirinya ini tidak punya apa-apa. Hanya karena 
pertolongan Allah saja semua ini bisa terjadi. Tetapi ini zuber tidak 
boleh hanya di mulut saja, saya ini lemah, saya ini fakir, tapi hatinya 
saya ini hebat, saya ini karkun kuat, ahli mujahaddah, jangan yang 
seperti itu, ini tidak akan diterima oleh Allah Swt. Tapi memang 
ditanamkan dalam hati kita memang kita tidak punya apa-apa, hanya 
Allahlah yang punya segalanya.”
Tawadhu sekaligus berharap kepada Allah Swt. Inilah doanya Nabi Yunus
 AS, Tawajjuh kepada Allah Swt, dan menyalahkan diri sendiri :
“La illaha illa anta subhanaka inni kuntum minal dzolimin”
Kalau seorang Nabi dan seorang Rasul mengatakan saya ini termasuk 
orang-orang dzolim, ini pengakuan doanya nabi yunus AS. Seorang Nabi 
saja bisa merasa termasuk orang-orang yang dzolim, apalagi kita. Kok 
bisa kita tidak bisa tidak merasa salah, “salah saya ini apa ?” begitu 
katanya. Ya salah kamu ini ya karena tidak merasa salah. Nabi saja yang 
tidak punya dosa aja merasa bersalah apalagi kita gudangnya dosa. Maka 
Nabi Yunus AS tawajjuh kepada Allah Swt dan menyalahkan diri sendiri, 
baru pertolongan Allah Swt turun. Semua masalah infirodhi Allah 
selesaikan yaitu keluar dari perut ikan, dan masalah ijtimainya juga 
Allah bantu, yaitu 100 ribu orang lebih masuk islam. Inilah berkat dai 
tawajjuh kepada Allah Swt dan menyalahkan diri sendiri, ini tanda-tanda 
pertolongan Allah sudah dekat, orang-orang akan berbinding-bondong masuk
 islam. Tawajjuh kepada Allah dan salahkan diri sendiri, jangan 
menyalahkan orang lain salahkan saja diri sendiri. Ini salah saya, ini 
yang bener.
Ketika jaman huru-hara di India banyak orang dibunuhin, syekh Inamul 
hasan bertanya tentang keadaan saat itu kepada Syekh Ahmad Lath. 
Mendengar cerita keadaan yang ada dari syekh ahmad lath, beliau, 
hadratji inamul hasan menangis mendengarnya. Apa yang terlontar dari 
mulut hadratji ketika itu, “ini semua salah saya sehingga keadaan 
menjadi seperti ini.” Inilah sikap seorang dai, kemerosotan ummat ini 
terjadi semua karena salah saya. Andaikata amalan rohaniat saya sudah 
benar, punya mujahadah yang benar, punya pengorbanan yang benar, punya 
akhlaq yang benar, semestinya kerja dakwah ini akan naik dan ummat tidak
 akan seperti sekarang. Inilah dai yang benar, kemerosotan yang terjadi 
ini adalah kesalahan saya.
Nabi Isa AS katakan :
“Selagi orang itu masih menyalahkan orang lain, dia tidak akan sampai kepada Allah Swt”
Maksudnya rohaniatnya tidak akan meningkat. Tapi kalau oang sudah  
menyalahkan diri sendiri maka dengan sendirinya rohaniatnya akan terus 
meningkat.
Di akhir zaman ini Rahmat Allah makin banyak karena makin hari akhir 
jaman ini makin berat, tambah hari tambah berat. Namun nilai amal juga 
tambah tinggi, tambah berat, makin tambah tinggi nilai amalnya. Maka 
kerusakan-kerusakan di akhir jaman ini jangan sampai melemahkan kita, 
tapi justru kita gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan mujahaddah 
kita dan pengorbanan kita. Insya Allah.
Sekarang Mari kita gunakan Taskil Cashnya Ahli Badr, walaupun hatinya
 berat tapi tetap berangkat, ada masalah doa, inilah sifatnya Ahli Badr.
 Sehingga pertolongan Allah bercurah-curah, Allah kirimkan malaikat 
untuk menjaga mereka dan memenangkan mereka. Insya Allah.
Syekh Inamul Hasan berkata :
“Orang bekerja dengan orang saja dapat gaji, masa kerja untuk Allah tidak”
Syekh Abdul Wahab katakan :
“Terus kerja agama dengan sungguh-sungguh maka nanti kamu akan alami 
pertama kali kelaparan, terus lagi kerja maka nanti Allah akan datangkan
 dunia untuk kamu.”
Allah katakan kepada Nabi SAW:
“Wawajada illam fa aghna” : “Kamu dahulu miskin, kemudian kami yang 
mengkayakan kamu” maksudnya jadi nabi dulu juga miskin tapi Allahlah 
yang memberi kekayaan.
Di dalam Al Quran itu ceritanya amal-amal itu mendatangkan rizki, 
bukan bikin melarat. “Yarzukhu min haisu layah tasib”, barangsiapa 
bertaqwa nanti Allah kasih rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. 
Jadi kemiskinan di dalam dakwah ini hanya ujian saja bagi orang beriman,
 nanti kalo istiqomah Allah akan ubah hidupnya, allah akan beri kekayaan
 kepadanya. Namun ulama katakan ini ada 2 tafsirnya :
- Kaya Hati
- Kaya Dzohir
Seorang sahabat masih kecil datang kepada Nabi dari yaman untuk minta
 di doakan. Temen-temennya semua minta di doakan keduniaan, tapi sahabat
 ini minta di doakan kaya hati oleh Nabi SAW. Setelah di doakan 
rombongan ini balik pulang ke yaman. Lalu suatu ketika satu tahun 
kemudian, rombongan dakwah pulang dari yaman ditanya sama Nabi SAW, “Itu
 anak yang dulu datang kemari dari yaman gimana kabarnya.” Sahabat 
berkata, “Masya Allah ya Rasullullah, umpama dunia ini dibagi-bagi 
gratis maka tidak akan di lirik oleh anak itu.” Inilah kaya hatinya 
sahabat RA. Orang itu kalo sudah kaya hati, ya sudah merasa cukup atas 
segalanya, gak susah hatinya. Begitulah keadaan kita kalo amal agama : 
kadang-kadang di kasih kay hati, kadang-kadang dikasih kaya dzohir, 
kadang-kadang dikasih keduanya. Namun kalau kita amal agama maka nanti 
yang allah kasih miskin hati, bisa juga dikasih miskin dzohir, bisa juga
 dikasih miskin dzohir dan miskin hati.
Ringkasnya semua masalah dunia ini akan Allah selesaikan kalau kita 
senantiasa berada dalam usaha agama. Taskil Cash ada di Badar sedangkan 
Taskil Niat ada di Tabuk. Semua kita niat insya Allah ambil bagian dalam
 perjuangan agama Allah. ***
 
v
BalasHapus